Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Doa Setelah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasul

doa setelah sholat tahajud sesuai sunnah rasul, doa setelah sholat tahajud, sholat tahajud,

Hai! Pembaca semua! Apakah kalian sedang mencari penjelasan tentang doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul? Jika jawaban kalian adalah “Iya”, selamat! Sekarang kalian sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, kalian harus membacanya sampai selesai!

Secara spesifik, ada dua hal penting tentang doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Dua hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Mengapa Kita Harus Mengetahui Doa Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasul?

Hal penting pertama tentang doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul yang akan saya jelaskan sekarang adalah “mengapa kita harus mengetahui doa sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul?”. Saya ingin kalian memahami itu terlebih dahulu sebelum kalian membaca lebih banyak penjelasan dalam artikel ini agar kalian paham urgensi pembahasan ini. Pada saat yang sama, agar kalian paham mengapa kalian harus membaca artikel ini.

Satu hal penting yang ingin saya jelaskan sebelum saya menjelaskan semua tentang itu, bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Nabi, seperti ucapan beliau, perbuatan beliau, dan keputusan beliau adalah Sunnah. Kita bisa menemukan penjelasan tersebut dalam definisi sunnah di bawah ini:

السُنَّةُ اِصْطِلَاحًا هِيَ مَا نُسِبَ إِلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ مِنْ أَقْوَالٍ وَأَفْعَالٍ وَتَقَارِيْرَ أَوْ صِفَاتٍ خَلْقِيَّةٍ أَوْ خُلُقِيَّةٍ

Sunnah menurut arti istilah adalah sesuatu yang dinisbatkan kepada Nabi (Muhammad) shallallahu alaihi wa sallam, seperti ucapan-ucapan, perbuatan-perbuatan, dan ketetapan-ketetapan, atau sifat-sifat penciptaan dan etika.

Kita bisa menemukan penjelasan tentang Sunnah dalam hadits di bawah ini:

مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

Barangsiapa yang memberikan contoh kebiasaan baik dalam Islam, maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mencontoh perbuatan itu, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang memberikan contoh kebiasaan buruk, maka dia akan mendapatkan dosanya, dan dosa orang yang mengikutinya dengan tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.

Jadi, jika kalian bertanya kepadaku, “mengapa kita harus mengetahui doa sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul?”, jawabannya adalah karena Nabi telah membaca doa tersebut setelah Tahajud. Salah satu keuntungan bagi kita adalah bahwa doa yang telah diucapkan Nabi Muhammad adalah doa mutawattir dan sangat mungkin Allah akan mengabulkan doa kita jika kita membaca doa tersebut.

Itulah jawabannya. Itulah urgensi pembahasan dalam artikel ini. Itulah alasan mengapa kita harus mengetahui doa sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul.

Itulah penjelasan singkat tentang “mengapa kita harus mengetahui doa sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul?”. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Doa Setelah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasul

doa setelah sholat tahajud sesuai sunnah rasul, doa setelah sholat tahajud, sholat tahajud,

Hal penting kedua tentang doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul yang akan saya jelaskan sekarang adalah jawaban yang spesifik. Jadi, saya sangat berharap kalian membaca penjelasan di bawah ini dengan sangat baik.

Sebelum saya menjelaskan doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul, saya akan mengutip satu hadits yang secara spesifik berkaitan tentang pembahasan ini. Hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ :‏ اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ الْحَمْدُ ، لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ , أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ ، وَلَكَ الْحَمْدُ , أَنْتَ الْحَقُّ ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ ، وَالنَّارُ حَقٌّ ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ـ ( أَوْ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ )

Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Nabi (Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bangun malam, beliau melakukan sholat Tahajud dan berdoa, “Wahai Allah, segala puji bagi-Mu. Engkaulah yang mengatur semua langit dan bumi dan semua makhluk di dalam semuanya. Segala puji bagi-Mu. Semua kerajaan langit dan bumi dan apa saja di dalam semuanya adalah milik-Mu. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah cahaya semua langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah Tuhan yang Maha Benar. Janji-Mu adalah benar. Pertemuan dengan-Mu adalah benar. Firman-Mu adalah benar. Surga adalah benar. Nerakah adalah Benar. Pada Nabi adalah benar. Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah benar. Hari Kiamat adalah benar. Wahai Allah, hanya kepada-Mu saya pasrah. Hanya kepada-Mu saya beriman. Hanya kepada-Mu saya tawakal. Hanya kepada-Mu saya mewakilkan. Hanya Karena-Mu saya bertengkar. Dan hanya kepada-Mu saya meminta keadilan. Ampunilah dosa yang telah saya lakukan dan yang belum saya lakukan, dosa yang telah saya lakukan secara sembunyi-sembunyi dan yang secara terus terang. Engkau adalah Tuhan yang mendahulukan dan yang mengakhirkan. Tidak ada tuhan selain Engkau.”

Pembaca semua! Saya ingin kalian memperhatikan hadits yang telah saya tulis di atas dengan baik. Kalimat-kalimat yang saya tebalkan itulah doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul. Kita bisa membaca kalimat-kalimat tersebut sebagai doa setelah shalat Tahajud. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Itulah penjelasan singkat tentang doa setelah sholat Tahajud sesuai sunnah Rasul beberapa hal penting tentang itu. Apakah kalian paham? Jika kalian ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat. Amin.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

0

Posting Komentar