Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Doa Sholat Tahajud yang Mustajab dan Keutamaan Doa Sholat Tahajud

doa sholat tahajud, sholat tahajud, doa sholat tahajud yang mustajab, keutamaan doa sholat tahajud,

Hai! Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang doa sholat Tahajud yang mustajab dan keutamaan doa sholat Tahajud? Jika jawaban Anda adalah “Iya”, selamat! Sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena dua hal itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham dua hal tersebut. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, Anda harus membacanya sampai selesai!

Secara spesifik, ada dua hal penting tentang doa sholat Tahajud yang mustajab dan keutamaan doa sholat Tahajud yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Dua hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Keutamaan Doa Sholat Tahajud

Hal penting pertama tentang doa sholat Tahajud yang mustajab dan keutamaan doa sholat Tahajud yang akan saya jelaskan sekarang adalah keutamaan doa sholat Tahajud. Saya ingin Anda memahami itu terlebih dahulu sebelum Anda membaca lebih banyak penjelasan dalam artikel ini karena itu adalah salah satu hal dasar dalam pembahasan ini yang harus dipahami dengan baik.

Sebelum saya menjelaskan keutamaan doa sholat Tahajud, saya akan mengutip satu hadits yang berkaitan dengan pembahasan ini. Hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا ، حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرِ يَقُوْلُ : مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبُ لَهُ , مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيْهِ , مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرُ لَهُ

Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu, bahwa Utusan Allah (Nabi Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tuhan kita (Allah) yang Maha Suci dan Maha Luhur turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, pasti akan Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepadaku, pasti akan Aku beri. Barangsiapa yang memohon ampun kepadaku, pasti akan Aku ampuni.”

Jika kita memahami hadits di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Hadits tersebut menjelaskan keutamaan waktu pada sepertiga malam terakhir.
  • Hadits tersebut menjelaskan bahwa Allah Taala turun ke langit di dunia pada sepertiga malam terakhir.
  • Hadits tersebut menjelaskan keutamaan beribadah sepertiga malam terakhir (termasuk sholat Tahajud).
  • Doa sholat Tahajud pada sepertiga malam terakhir akan dikabulkan.
  • Kaum muslim dianjurkan beribadah pada seperti tiga malam terakhir, berdoa kepada Allah, dan meminta ampun kepada-Nya.

Itulah penjelasan singkat tentang keutamaan doa sholat Tahajud. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Doa Sholat Tahajud dan Hadits Tentang Doa Sholat Tahajud

doa sholat tahajud, sholat tahajud, doa sholat tahajud yang mustajab, keutamaan doa sholat tahajud,

Hal penting kedua tentang doa sholat Tahajud yang mustajab dan keutamaan doa sholat Tahajud yang akan saya jelaskan sekarang adalah penjelasan yang spesifik. Itu adalah topik utama dalam pembahasan ini. Jadi, saya sangat berharap Anda membaca penjelasan di bawah ini dengan sangat baik.

Sebelum saya menjelaskan lebih banyak terntang doa sholat Tahajud, saya akan mengutip satu hadits yang secara spesifik berkaitan dengan itu. Hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ :‏ اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ الْحَمْدُ ، لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ , أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ ، وَلَكَ الْحَمْدُ , أَنْتَ الْحَقُّ ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ ، وَالنَّارُ حَقٌّ ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ـ ( أَوْ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ )

Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Nabi (Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bangun malam, beliau melakukan sholat Tahajud dan berdoa, “Wahai Allah, segala puji bagi-Mu. Engkaulah yang mengatur semua langit dan bumi dan semua makhluk di dalam semuanya. Segala puji bagi-Mu. Semua kerajaan langit dan bumi dan apa saja di dalam semuanya adalah milik-Mu. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah cahaya semua langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah Tuhan yang Maha Benar. Janji-Mu adalah benar. Pertemuan dengan-Mu adalah benar. Firman-Mu adalah benar. Surga adalah benar. Nerakah adalah Benar. Pada Nabi adalah benar. Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah benar. Hari Kiamat adalah benar. Wahai Allah, hanya kepada-Mu saya pasrah. Hanya kepada-Mu saya beriman. Hanya kepada-Mu saya tawakal. Hanya kepada-Mu saya mewakilkan. Hanya Karena-Mu saya bertengkar. Dan hanya kepada-Mu saya meminta keadilan. Ampunilah dosa yang telah saya lakukan dan yang belum saya lakukan, dosa yang telah saya lakukan secara sembunyi-sembunyi dan yang secara terus terang. Engkau adalah Tuhan yang mendahulukan dan yang mengakhirkan. Tidak ada tuhan selain Engkau.”

Saya ingin Anda memperhatikan hadits di atas. Ada beberapa kalimat yang saya tebalkan dalam hadits di atas. Kalimat-kalimat yang saya tebalkan tersebut adalah salah satu doa sholat Tahajud yang dibaca Nabi Muhammad setelah sholat Tahajud. Kita bisa membaca doa tersebut setelah sholat Tahajud.

Itulah penjelasan singkat tentang doa sholat Tahajud dan hadits tentang doa sholat Tahajud. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Pembaca semua! Itulah penjelasan singkat tentang doa sholat Tahajud yang mustajab dan keutamaan doa sholat Tahajud dan beberapa hal penting tentang itu semua. Apakah Anda paham? Jika Anda ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat. Amin.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

0

Posting Komentar