Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Hadits Doa Tahajud dikabulkan dan Beberapa Hal Penting yang Harus Anda Pahami

hadits doa tahajud dikabulkan, hadits tentang doa setelah sholat tahajud, doa setelah sholat tahajud, sholat tahajud,

Hai pembaca semua! Apakah kalian sedang mencari penjelasan tentang hadits doa Tahajud dikabulkan? Jika jawaban kalian adalah “Iya”, selamat! Sekarang kalian sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, kalian harus membacanya sampai selesai!

Secara spesifik, ada dua hal penting tentang hadits doa Tahajud dikabulkan yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Dua hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Doa Tahajud yang Mustajab

Hal penting pertama tentang hadits doa Tahajud dikabulkan yang akan saya jelaskan sekarang adalah doa Tahajud yang mustajab. Saya ingin kalian memahami itu terlebih dahulu sebelum kalian membaca lebih banyak penjelasan dalam artikel ini karena itu adalah salah satu hal penting dalam pembahasan ini yang harus kita pahami.

Sebelum saya menjelaskan doa Tahajud yang mustajab, saya akan mengutip satu hadits yang secara spesifik berkaitan dengan pembahasan ini. Satu hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ :‏ اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ الْحَمْدُ ، لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ , أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ ، وَلَكَ الْحَمْدُ , أَنْتَ الْحَقُّ ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ ، وَالنَّارُ حَقٌّ ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ـ ( أَوْ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ )

Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Nabi (Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bangun malam, beliau melakukan sholat Tahajud dan berdoa, “Wahai Allah, segala puji bagi-Mu. Engkaulah yang mengatur semua langit dan bumi dan semua makhluk di dalam semuanya. Segala puji bagi-Mu. Semua kerajaan langit dan bumi dan apa saja di dalam semuanya adalah milik-Mu. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah cahaya semua langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah Tuhan yang Maha Benar. Janji-Mu adalah benar. Pertemuan dengan-Mu adalah benar. Firman-Mu adalah benar. Surga adalah benar. Nerakah adalah Benar. Pada Nabi adalah benar. Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah benar. Hari Kiamat adalah benar. Wahai Allah, hanya kepada-Mu saya pasrah. Hanya kepada-Mu saya beriman. Hanya kepada-Mu saya tawakal. Hanya kepada-Mu saya mewakilkan. Hanya Karena-Mu saya bertengkar. Dan hanya kepada-Mu saya meminta keadilan. Ampunilah dosa yang telah saya lakukan dan yang belum saya lakukan, dosa yang telah saya lakukan secara sembunyi-sembunyi dan yang secara terus terang. Engkau adalah Tuhan yang mendahulukan dan yang mengakhirkan. Tidak ada tuhan selain Engkau.”

Pembaca semua! Saya ingin kalian memperhatikan hadits di atas. Ada beberapa kalimat yang saya tebalkan dalam hadits di atas. Kalimat-kalimat yang saya tebalkan tersebut adalah salah satu doa shalat Tahajud yang dibaca Nabi Muhammad setelah shalat Tahajud. Kita bisa membaca doa tersebut setelah shalat Tahajud. Itulah doa Tahajud yang mustajab. Mengapa?

Jawabannya adalah karena doa tersebut adalah doa yang dibaca Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam setelah shalat Tahajud. Dalam Islam, doa yang dibaca beliau adalah doa mutawattir atau doa yang diajarkan Nabi Muhammad.

Itulah penjelasan singkat tentang doa Tahajud yang mustajab. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Hadits Doa Tahajud yang Mustajab

hadits doa tahajud dikabulkan, hadits tentang doa setelah sholat tahajud, doa setelah sholat tahajud, sholat tahajud,

Hal penting kedua tentang hadits doa Tahajud dikabulkan yang akan saya jelaskan sekarang adalah jawaban yang spesifik yang menjadi topik utama dalam pembahasan ini. Jadi, saya sangat berharap kalian membaca penjelasan di bawah ini.

Sebelum saya menjelaskan tentang tentang hadits doa Tahajud dikabulkan, terlebih dahulu, saya akan mengutip satu hadits yang berkaitan dengan pembahasan ini. Satu hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا ، حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرِ يَقُوْلُ : مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبُ لَهُ , مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيْهِ , مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرُ لَهُ

Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu, bahwa Utusan Allah (Nabi Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tuhan kita (Allah) yang Maha Suci dan Maha Luhur turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, pasti akan Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepadaku, pasti akan Aku beri. Barangsiapa yang memohon ampun kepadaku, pasti akan Aku ampuni.”

Hadits memang tidak secara spesifik menjelaskan tentang pengkabulan doa Tahajud. Hadits di atas, menjelaskan bahwa pada sepertiga malam terakhir, Allah turun ke langit dunia dan berfirman (salah satunya) bahwa barangsiapa yang berdoa kepada-Nya pada waktu tersebut (pada sepertiga malam terakhir), Dia akan mengabulkan doa orang tersebut.

Sekarang, apa korelasi hadits tersebut dengan pengkabulan doa Tahajud?

Satu hal yang perlu kalian pahami, bahwa pada umumnya, kaum muslim melakukan shalat Tahajud pada sepertiga malam terakhir. Waktu tersebut adalah salah satu waktu yang sangat baik untuk berdoa karena pada waktu tersebut Allah turun ke langit dunia sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits di atas.

Jadi, secara simpel, saya ingin mengatakan bahwa jika kita memahami hadits tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa hadits tersebut menjelaskan penerimaan doa Tahajud. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Itulah penjelasan singkat tentang hadits doa Tahajud dikabulkan dan beberapa hal penting tentang itu. Apakah kalian paham? Jika kalian ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat. Amin.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

0

Posting Komentar