Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Keutamaan Shalat Witir dan 5 Hadits Tentang Keutamaan Shalat Witir

keutamaan shalat witir, shalat witir, hadits tentang keutamaan shalat witir,

Hai pembaca semua! Apakah kalian sedang mencari penjelasan tentang keutamaan shalat Witir dan hadits tentang keutamaan shalat Witir? Jika jawaban kalian adalah “Iya”, selamat! Sekarang kalian sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah yang akan saya menulis artikel ini. Jadi, kalian harus membacanya sampai selesai!

Secara spesifik, ada beberapa hal penting tentang keutamaan shalat Witir dan hadits tentang keutamaan shalat Witir yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Beberapa hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Lima Keutamaan Shalat Witir dan Lima Hadits Tentang Keutamaan-Keutamaan Shalat Witir

Secara umum, jika kita membaca beberapa literasi keislaman tentang shalat Witir, kita akan menemukan penjelasan bahwa ada banyak keutamaan shalat Witir. Tentunya, pada artikel ini, saya tidak akan menjelaskan semua keutamaan shalat Witir. Pada artikel ini, saya hanya akan menjelaskan lima keutamaan shalat Witir dan lima hadits tentang keutamaan shalat Witir.

Pada penjelasan tentang lima keutamaan shalat Witir, saya akan mengutip lima hadits tentang keutamaan shalat Witir. Adapun lima keutamaan shalat Witir dan lima hadits tentang keutamaan shalat Witir yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Shalat Witir Lebih Utama dari pada Harta yang Paling Berharga

keutamaan shalat witir, shalat witir, hadits tentang keutamaan shalat witir,

Keutamaan shalat Witir yang pertama adalah bahwa shalat Witir lebih berharga dari pada harta yang paling berharga. Maksudnya adalah bahwa shalat Witir sangat mulia dalam Islam. Orang yang melakukannya akan mendapatkan banyak pahala.

Kita bisa menemukan penjelasan tersebut dalam hadits tentang shalat Witir di bawah ini:

عَنْ خَارِجَةَ بْنِ حُذَافَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ الله أمَدَّكُمْ بِصَلاَةٍ هِيَ خَيرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ، قُلْنَا : وَمَا هِيَ يَا رَسُولَ الله؟ قالَ : الوِتْرُ مَا بَيْنَ صَلاَةِ العِشَاءِ إِلى طُلُوعِ الفَجْرِ

Dari Kharijah bin Hudzafah radliyallahu anhu, dia berkata, “Utusan Allah (Nabi Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menganjurkan kalian melakukan shalat yang lebih baik bagi kalian dari pada harta yang paling berharga.” Kami berkata, “Apa itu, wahai Utusan Allah?”. Beliau bersabda, “Witir yang dilakukan di antara shalat Isyak sampai fajar terbit.”

Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa shalat Witir lebih utama dari pada harta yang paling berharga. Jadi, kaum muslim sangat dianjurkan melakukan shalat Witir, berapapun rakaatnya, asalkan ganjil, seperti satu rakaat shalat Witr, tiga rakaat shalat Witir, dan seterusnya. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Shalat Witir Adalah Salah Satu Shalat Sunnah yang Paling Utama

Keutmaan shalat Witir yang kedua adalah bahwa shalat Witir adalah salah satu shalat Sunnah yang paling utama. Secara spesifik, Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepada Abu Huraira agar dia melakukan shalat Witir sebelum dia tidur.

Kita bisa menemukan penjelasan tersebut dalam hadits tentang shalat Witir di bawah ini:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَوْصَانِيْ خَلِيْلِيْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ : صِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَرَكْعَتَيْ الضُّحىَ ، وَأَنْ أُوْتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ

Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu, dia berkata, “Kekasihku (Nabi Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam telah berwasiat tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakat dalam shalat Dhuha, dan shalat Witir sebelum saya tidur.”

Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa shalat Witir adalah salah satu shalat Sunnah yang paling utama. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Allah Sangat Menyukai Orang yang Melakukan Shalat Witir

Keutamaan shalat Witir yang ketiga adalah bahwa Allah sangat menyukai orang yang melakukan shalat Witir. Karena itulah orang yang melakukan shalat Witir akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Kita bisa menemukan penjelasan tersebut dalam hadits tentang shalat Witir di bawah ini:

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ ؛ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؛ أَوْتِرُوْا يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ فَإِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ . رَوَاهُ الْخَمْسَةٌ

Dari Ali radliyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Shalatlah Witir wahai Ahli Qur’an. Sesunggunya Allah adalah Maha Tunggal dan menyukai shalat Witir.” Hadits tersebut diriwayatkan oleh lima Imam (Ahmad, Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Nasa’I dan Ibnu Majah).

Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa Allah sangat menyukai shalat Witir dan orang yang melakukannya. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Shalat Witir Adalah Penyempurna Shalat di Malam Hari

Keutmaan shalat Witir yang keempat adalah bahwa shalat Witir adalah penyempurna shalat di malam hari. Maksudnya adalah bahwa kaum muslim yang melakukan shalat Tahajjud sangat dianjurkan melakukan shalat Witir untuk menyempurnakan shalat Tahajjud.

Kita bisa menemukan penjelasan tersebut dalam hadits tentang shalat Witir di bawah ini:

اِجْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُم ْباِللّيْلِ وِتْرًا

Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir.

Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa shalat Witir adalah shalat yang bisa menyempurnakan shalat Tahajjud. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Shalat Witir Disaksikan Para Malaikat

keutamaan shalat witir, shalat witir, hadits tentang keutamaan shalat witir,

Keutmaan shalat Witir yang kelima adalah bahwa shalat Witir disaksikan para Malaikat. Hal itu menjelaskan bahwa shalat Witir adalah shalat yang sangat mulia dan orang yang melakukannya adalah orang yang sangat mulia.

Kita bisa menemukan penjelasan tersebut dalam hadits tentang shalat Witir di bawah ini:

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ 

Dari Jabir, dia berkata, “Utusan Allah (Nabi Muhammad) sallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah dia melakukan shalat Witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah dia melakukan shalat Witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan itu adalah lebih utama.”

Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa shalat Witir disaksikan para Malaikat. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Satu hal penting yang ingin saya jelaskan di akhir pembahasan ini, bahwa kita tidak boleh memaksakan diri melakukan shalat Witir dengan banyak rakaat. Artinya adalah bahwa kita sangat dianjurkan melakukan berapapun rakaat shalat Witir yang kita mampu untuk melakukannya.

Pembaca semua! Itulah penjelasan singkat tentang lima keutamaan shalat Witir dan lima hadits tentang keutamaan shalat Witir. Apakah kalian paham? Jika kalian ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat. Amin.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Posting Komentar

Posting Komentar