Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

3 Doa Setelah Sholat Fardhu dan Latinnya yang Pendek dan Bermanfaat

doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat, doa setelah sholat fardhu dan latinnya, doa setelah sholat fardhu,

Hai! Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat? Jika jawaban Anda adalah “Iya”, selamat! Sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat. Mengapa? Karena itulah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Sebagai muslim, kita harus paham itu. Karena itulah saya menulis artikel ini. Jadi, Anda harus membacanya sampai selesai!

Secara spesifik, ada tiga hal penting tentang doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat yang akan saya jelaskan para artikel ini. Tiga hal penting yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Mengapa Doa Itu Penting?

Hal penting pertama tentang doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat yang akan saya jelaskan sekarang adalah “mengapa doa itu penting?”. Saya ingin Anda memahami itu terlebih dahulu sebelum Anda membaca lebih banyak penjelasan dalam artikel ini karena itu adalah pertanyaan penting tentang doa setelah sholat fardhu yang harus dipahami dengan baik.

Sebelum saya menjelaskan jawaban untuk pertanyaan tersebut (mengapa doa itu penting?), terlebih dahulu saya akan mengutip satu ayat al-Quran dan satu hadits yang secara spesifik berkaitan dengan pembahasan ini. Satu ayat al-Quran dan satu hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

Wa qool rabbukumud ‘uunii astajib lakum. Innalladziina yastakbiruuna ‘an ‘ibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin.

Artinya:

Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.” (Gharfir [40]: 60).

عَنِ النُّعْمَانَ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ الدُّعَاءَ هُوَ العِبَادَةُ

‘Anin nu’maanabni basyiirin radliyallaahu ‘anhumaa, annannabiyya shallallaahu ‘alaihi wa sallama qoola, “Innad du’a’ a huwa al-‘Ibaadatu.”

Artinya:

Dari Nukman bin Basyir radliyallahu anhuma, bahwa Nabi (Muhammad) sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya doa adalah ibadah.”

Jika kita memahami satu ayat al-Quran dan satu hadits tentang doa sebagaimana yang telah saya kutip di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Allah Taala secara spesifik telah memerintahkan kaum muslim untuk berdoa.
  2. Dalam ayat al-Quran tersebut dijelaskan, bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya.
  3. Dalam hadits di atas dijelaskan, bahwa doa adalah salah satu jenis ibadah.

Sekarang, jika Anda bertanya kepadaku, “mengapa doa itu penting?”, jawabannya adalah karena Allah telah memerintahkan kita agar berdoa, karena Allah pasti akan mengabulkan doa kita, karena doa adalah salah satu jenis ibadah yang bisa dilakukan kaum muslim. Itulah jawabannya.

Itulah penjelasan singkat tentang “mengapa doa itu penting?”. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Mengapa Anda Harus Berdoa Setelah Sholat Fardhu?

doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat, doa setelah sholat fardhu dan latinnya, doa setelah sholat fardhu,

Hal penting kedua tentang doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat yang akan saya jelaskan sekarang adalah “mengapa Anda harus berdoa setelah sholat fardhu?”. Saya ingin Anda memahami itu sekarang agar Anda memahami urgensi pembahasan ini.

Sebelum saya menjelaskan jawaban untuk pertanyaan tersebut (mengapa Anda harus berdoa setelah sholat fardhu?), terlebih dahulu saya akan mengutip satu hadits yang secara spesifik berkaitan dengan doa setelah sholat fardhu. Hadits yang saya maksud adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ الْبَاهِلِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ : أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ ؟ قَالَ : جَوْفَ اللَّيْلِ الآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوْبَاتِ

‘An Abi Umamah al-Baahili radliyallahu anhu, qoola: qiila, yaa Rosuulallaah: ayyuddu’aa I asm’au? Qoola: jaufal laili wa dubur ash-sholawaati al-Maktuubati.

Artinya:

Dari Abu Umamah al-Bahili radliyallahu anhu, dia berkata, “Pernah ditanyakan, “Wahai Rasulullah, doa apa yang paling dikabulkan?”. Beliau menjawab, “(Doa) di saat gelap malam yang terakhir dan setiap selesai sholat-sholat wajib (sholat-sholat fardhu).”

Hadits di atas menjelaskan beberapa waktu mustajab untuk berdoa. Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa beberapa waktu mustajab untuk berdoa adalah pada saat sepertiga malam terakhir dan setiap selesai sholat fardhu.

Sekarang, jika Anda bertanya kepadaku, “mengapa Anda harus berdoa setelah sholat fardhu?’, jawabanya adalah karena waktu setelah sholat fardhu adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Yang dimaksud waktu mustajab adalah waktu terbaik untuk berdoa karena doa pada waktu tersebut tidak akan ditolak. Dengan kata lain, doa setelah sholat fardhu pasti akan dikabulkan.

Itulah penjelasan singkat tentang “mengapa Anda harus berdoa setelah sholat fardhu?”. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Latinnya yang Pendek dan Bermanfaat

doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat, doa setelah sholat fardhu dan latinnya, doa setelah sholat fardhu,

Hal penting ketiga tentang doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat yang akan saya jelaskan sekarang adalah tiga doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat.

Ada banyak doa setelah sholat fardhu yang pendek dan bermanfaat. Tentunya, saya tidak akan menjelaskan itu semua pada artikel ini. Sekarang, saya hanya akan menjelaskan tiga doa saja: doa untuk dua orang tua, doa untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat, dan doa agar tetap beriman.

Doa Setelah Sholat Fardhu Untuk Dua Orang Tua

Adapun doa setelah sholat fardhu untuk dua orang tua adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Allahummaghfirli wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaani shoghiiro.

Artinya:

Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka mendidikku ketika aku masih kecil.

Doa Setelah Sholat Fardhu Untuk Kebahagiaan di Dunia dan di Akhirat

Adapun doa setelah sholat fardhu untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat adalah sebagai berikut:

... رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa aatinaa fiddunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaabannaar.

Artinya:

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.

Doa Setelah Sholat Fardhu Agar Tetap Beriman

Adapun doa setelah sholat fardhu agar tetap beriman adalah sebagai berikut:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ , ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ

Yaa muqollibal quluub, tsabbit qobli ‘alaa diinika.

Artinya:

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.

Itulah penjelasan singkat tentang tiga doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat. Sebagai muslim, kita harus paham itu.

Itulah penjelasan singkat tentang doa setelah sholat fardhu dan latinnya yang pendek dan bermanfaat. Apakah Anda paham? Jika Anda ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat. Amin!

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

0

Posting Komentar